With Knowledge, We Can Do Anything Easily

Mengidentifikasi foto

Seiring dengan kemajuan di bidang multimedia, tak lepas dari kenyataan adanya isu-isu gambar palsu di internet. Hal ini membuat orang awam yang kurang tahu, akan benar-benar tertipu. Lantas, bagaimana membedakan antara gambar palsu atau tidak?

Di dalam bidang keamanan cyber, ilmu ini sengaja diciptakan untuk menangani berbagai macam persoalan terkait dengan dunia Digital, yang salah satu kasus nya telah saya sebutkan diatas.

Dengan memanfaatkan metadata. Pada dasarnya, metadata adalah data dalam file yang dibuat untuk keperluan manajemen. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan, dll.

Tools: http://impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop.html

Pertama, buka aplikasi JPEGSnoop, kemudian kilk menu File dan pilih submenu Open Image….. Pilih gambar mana yang Anda ingin selidiki keasliannya.

Kedua, lihat informasi-informasi yang terdapat pada layar JPEGSnoop, seperti model kamera, tanggal dibuat, dan software yang digunakan untuk mengedit foto tersebut apabila foto itu memang hasil editan.

Dibawah ini adalah gambar dari identifikasi JPEGSnoop yang membuktikan bahwa foto asli.

Dibawah ini adalah gambar yang membuktikan identifikasi JPEGSnopp bahwa foto hasil editan. Di gambar di bawah ini terlihat bahwa foto tersebut di edit dengan Adobe photoshop 7.

%d bloggers like this: