With Knowledge, We Can Do Anything Easily

Flashdisk, benda mungil yang dapat menyimpan data hingga puluhan gigabyte dan mempunyai kecepatan akses yang cepat. Orang-orang menggunakan flashdisk sebagai penyimpan data sementara. Sebenarnya, jika kita mau mengeksplorasi lebih dalam, flashdisk mempunyai fungsi yang lebih dari sekadar media penyimpan data, seperti USB Bootable, RAM virtual, dan banyak lainnya. Selain itu, flashdisk juga bisa ditambahkan aplikasi portable (aplikasi yang bisa dijalankan tanpa menginstall di PC). Ada banyak aplikasi portable yang tersedia, mulai dari browser, chatting, antivirus, office, dan multimedia.

Dalam tulisan ini, kita hanya akan membahas tentang aplikasi portable. Aplikasi portable dapat membuat flashdisk kita layaknya pisau bermata 7. Misalkan suatu ketika, Anda menggunakan komputer orang lain atau komputer publik. Anda kesulitan untuk memutar video favorit Anda, karena di kommputer tersebut belum terinstall aplikasi untuk memutar file video. Dengan menggunakan software portable, masalah tersebut bisa di atasi.

Berikut ini beberapa software portable:

Browser

Ketika Anda mengakses internet di tempat umum (seperti warnet), terkadang Anda lupa untuk membersihkan history dan cookies pada browser yang Anda gunakan. Padahal hal itu sangat beresiko karena bisa saja ada orang yang ingin mencuri password Anda melalui history dan cookies. Beberapa browser portable antara lain: Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera. Klik link di bawah ini untuk mendownload:

http://portableapps.com/apps/internet/firefox_portable

http://portableapps.com/apps/internet/google_chrome_portable

http://portableapps.com/apps/internet/opera_portable

Audio and Video.

Pernahkah Anda mengalami masalah ketika Anda ingin memutar video favorit Anda di komputer lain tetapi tidak bisa? Jawaban dari masalah tersebut karena di PC tersebut belum terinstall aplikasinya. Beberapa contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memutar lagu dan film adalah CoolPlayer, SMPlayer Portable, Songbird Portable, dan VLC Media Player Portable. Sedangkan software yang dapat Anda gunakan untuk mengedit lagu atau video adalah Audacity portable,  BonkEnc Portable, Paul Streetch Portable, dan VirtualDub Portable. Klik link di bawah ini untuk mendownload:

http://portableapps.com/apps/music_video/coolplayerp_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/smplayer_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/songbird_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/vlc_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/audacity_portable]

http://portableapps.com/apps/music_video/bonkenc_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/paul_stretch_portable

http://portableapps.com/apps/music_video/virtualdub_portable

Chatting

Anda suka ber-chatting ria?  Tetapi tidak mempunyai aplikasinya? Gunakan beberapa software chatting portable ini: Miranda IM Portable, KVIrc Portable, aMSN Portable, PChat Portable, Pidgin Portable, Skype Portable. Klik link di bawah ini untuk mendownload:

http://portableapps.com/apps/internet/amsn_portable

http://portableapps.com/apps/internet/kvirc_portable

http://portableapps.com/apps/internet/miranda_portable

http://portableapps.com/apps/internet/pchat_portable

http://portableapps.com/apps/internet/pidgin_portable

http://portableapps.com/apps/internet/skype_portable

Antivirus

Flashdisk Anda terkena virus saat di warnet? Tidak usah bingung, Anda bisa menggunakan ClamWin Portable. Klik link di bawah ini untuk mendownload:

http://portableapps.com/apps/utilities/clamwin_portable

Games

Anda suka bermain games? Tetapi Anda malah tidak bisa bermain games karena tidak ada aplikasi games yang teristall? Anda bisa menggunakan games portable. Klik link di bawah ini untuk mendownload:

http://portableapps.com/apps/games

CD/DVD Tools

Software ini berguna bagi Anda yang suka memburning file ke dalam CD/DVD. Anda bisa menggunakan InfraRed Recoder Portable.

http://portableapps.com/apps/utilities/infrarecorder_portable

Remote Login

Untuk urusan yang satu ini, memang lebih terkait dengan aksi hacking. Anda bisa mengontrol komputer menggunakan aplikasi portable TeamViewer. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengontrol komputer jarak jauh. Untuk mendukung remote login, Anda memerlukan software port scanner, karena software remote login menggunakan port untuk menghubungkan komputer pengontrol dengan komputer target. Jika Anda tidak menggunakan port scanner, Anda mungkin akan mengalami kesulitan karena Anda tidak tahu port-port mana saja yang terbuka. Untuk itu, Anda bisa menggunakan AngryIP Scanner Portable.

http://portableapps.com/apps/utilities/teamviewer_portable

http://www.pendriveapps.com/angry-ip-scanner/

Demikianlah tulisan tentang beberapa software portable yang bisa Anda gunakan. Masih banyak sekali software-software portable lainnya yang masih bisa Anda gunakan.Semoga tulisan tersebut bermanfaat.

Referensi:

www.portableapps.com

http://www.pendriveapps.com

%d bloggers like this: