With Knowledge, We Can Do Anything Easily

MENGENAL EMAIL SERVER

Email merupakan suatu bentuk komunikasi dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer. Mail server adalah server yang melayani beberapa komputer dalam suatu jaringan intranet, ekstranet, dan internet dalam bentuk layanan pengiriman dan pengambilan email. Walaupun dari sisi pengguna terlihat sangat mudah, namun osftware-software yang terlibat di dalamnya ternyata cukup rumit.

Memahami Cara Kerja Email.

Email di transmisikan dalam bentuk teks murni di jaringan komputer, termasuk juga internet. Protokol yang digunakan dalam pengiriman email disebut SMTP yang merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Dari namanya, terlihat bahwa protokol SMTP sebenarnya bisa dibilang sederhana, karenanya sekarang banyak banyak teknologi baru yang telah menambah keandalanteknologi SMTP tersebut.

Pada dasarnya, mail server bekerja dalam modus klien server. Aplikasi email di bedakan menjadi 3 macam, yaitu:

  • MTA (Mail Transfer Agent) berfungsi untuk mengirimkan email. Contoh aplikasi MTA antara lain: Sendmail, Postfix, Exim, qmail
  • MDA (Mail Deliveey Agent) berfungsi mendistribusikan email yang datang ke MTA sesuai mailbox masing-masing user.
  • MUA (Mail User Agent) berfungsi membaca dan membuat email. Contoh aplikasi MUA antara lain: Thunderbird, Outlook, Eudora Mail, Kmail, Evolution.

 

Salah satu komponen yang bertugas di belakang layar untuk memungkinkan email bekerja adalah Mail Transfer Agent atau MTA. MTA bekerja di belakang layar dan mengirimkan email dari server satu ke server yang lainnya. Di Linux, ada beberapa software mail server, antara lain: Sendmail, Postfix, Fetchmail, Exim, atau Qmail.

 

SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol menghantarkan surat dari satu komputer ke komputer lainnya hingga komputer tujuan. Berikut ini merupakan cara kerja protokol SMTP:

  1. Misalnya saya@servermail.com ingin mengirim pesan ke tamu@penerima.com
  2. MTA di servermail.com akan menerima pesan dari saya@servermail.com dan mengantrekannya di belakang pesan-pesan lain yang antre untuk dikirimkan.
  3. MTA di servermail.com kemudian akan mengontak MTA di penerima.com di port 24. Apabila penerima.com mengenali koneksinya, MTA di servermail.com baru akan mengirim pesan tersebut. Pesan tersebut kemudian di terima oleh penerima.com dan koneksi akan ditutup.
  4. MTA di servermail.com kemudian meletakkan pesan di mailbox dari tamu@penerima.com sehingga si tamu akan mendapatkan pemveritahuan adanya email ketika login.

 

Dalam pengriman email bisa jadi akan ada error, berikut ini merupakan contoh error yang sering terjadi:

  1. Apabila ternyata saya@servermail.com tidak ada, maka MTA dari servermail.com akan menolak email tersebut dan memberitahukan kepada MTA di penerima.com. Selanjutnya, MTA di servermail.com akan membuat pesan email yang akan mengirimkannya kembali ke saya@servermail.com yang berisi pemberitahuan bahwa tamu@penerima.com tidak ada. Namun bisa juga MTA dari servermail.com tidak memberitahukan dan hanya membuang pesan tersebut, hal ini tergantung kepada setting MTA yang bersangkutan.
  2. Bisa juga penerima.com tidak dapat merespon koneksi dari servermail.com (misalnya karena server penerima.com sedang down untuk perawatan). Maka MTA di servermail.com akan memberitahukan pengirim bahwa usaha pengiriman email sudah dilakukan tetapi gagal, usaha berikutnya akan dilakukan beberapa saat lagi. Ketika beberapa usaha sudah dilakukan dan sudah mencapai deadline, pengirim akan diberitahukan bahwa email tidak bisa dikirim ke tujuan.

 

FORMAT MAILBOX

Pada umumnya format mailbox ada dua macam, yaitu:

  • Format Mbox

    Pada format ini setiap email yang datang atau keluar akan ditambahkan secara otomatis file sehingga ukurannya akan bertambah besar secara otomatis, dimana terdapat kekurangan pada format Mbox, yaitu jika pada saat penambilan email dari server koneksi terputus maka email client (Mail User Agent) akan mengulang kembali dari awal proses pengambilan email yang dapat menyebabkan file mbox menjadi rusak.

  • Format Maildir

    Pada format Maildir semail ditempatkan di suatu direktori dibandingkan di sebuah file sehingga lebih reliabel dan andal dibandingkan dengan format Mbox.

MENGENAL MTA

Mail Transport Agent adalah apilkasi server yang berfungsi untuk mengirimkan email dari mail server lokal ke mail server remote. Tiap-tiap program mail server memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Beberapa MTA memiliki fasilitas yang sangat hebat sehingga mampu digunakan untuk menangani email dalam jumlah ratusan bahkan sampai ribuan perhari. Ada juga MTA lain yang mementingkan kemudahan manajemen dan instalasi walaupun kemampuannya tidak sehebat MTA standar. Berikut ini merupakan beberapa jenis MTA yang terkenal:

  1. Postfix

Postfix aslinya dikembangkan oleh IBM bernama IBM Secure Mailer namun kemudian dirilis ke komunitas oleh IBM. Postfix merupakan salah satu MTA yang mudah diatur dan aksesnya cepat. Postfix juga kompatibel dengan Sendmail. Banyak pengguna Sendmail yang disarankan untuk bermigrasi ke Postfix.

  1. Sendmail

    Sendmail merupakan MTA tertua di dunia yang sudah memiliki banyak pengganti sebagian besar distribusi Linux memasukkannya dalam distro mereka. Sendmail dapat digunakan untuk banyak alamat site dengan pilihan-pilihan yang rumit, tetapi konfigurasinya sangat sulit terutama bagi pemula. MTA ini sangat populer di kalangan pengguna Linux/Unix/BSD. Selain versi yang gratisan, ada pula versi Sendmail komersial yang memiliki tampilan GUI.

  2. Qmail

    Merupakan mail server yang aman, andal, dan reliabel yang menjadi salah satu pilihan utama pengganti Sendmail. Qmail memiliki tingkat keamanan yang baik yang menjadi perhatian utama saat mendesain dan membangun Qmail. Qmail mirip dengan Postfix.

  3. Smail32

    Smail merupakan MTA pertama yang mencoba menggantikan Snedmail. Lebih simpel dan konfigurasinya lebih mudah dipahami dibanding Sendmail juga lebih aman. Smail memiliki dukungan yang baik untuk penggabungan protokol TCP/IP dan UUCP yang merupakan nilai tambah mereka. Smail juga lebih efisien untuk pengiriman dengan jumlah banyak. Sama seperti Sendmail, Smail juga memerlukan konfigurasi tambahan untuk standar konfigurasinya.

%d bloggers like this: