With Knowledge, We Can Do Anything Easily

Sejarah Singkat Metallica

Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles – Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut.

Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.

Setelah Metal Massacre beredar, Grant dan Ron mengundurkan diri. Posisi Grant digantikan oleh Dave Mustaine dan posisi Ron digantikan Cliff Burton. Formasi ini kemudian pada Juli 1982 mengeluarkan demo-album No Life Till Leather. Demo inilah yang kemudian mengantarkan Metallica mendapatkan agen dan kemudian hijrah ke New York.

Pada 1983, Metallica berencana akan melakukan tur pendek kebeberapa kota. Sayang Hetfield dan Mustaine malah terlibat perseteruan, hingga akhirnya Mustaine keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett , gitaris dari grup Exodus. Formasi ketiga inilah yang kemudian mengeluarkan album Kill ‘Em All pada bulan Mei 1983.
Pada tahun 1984, Metallica semakin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memperlancar promosi mereka juga mengeluarkan mini album Jump In The Fire.

September 1985, Metallica memproduksi album Master Of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan album yang meraih platinum tanpa single dan video.

Tanggal 27 September 1986, dalam perjalanan tur ke Skandinavia – bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan Cliff Burton (bass) meninggal dunia. Peristiwa ini begitu memukul seluruh anggota band. Bahkan Dave Mustaine yang telah mendirikan Megadeth, mengenang kematian Cliff dalam lagu In My Darkest Hour (album Megadeth: So far.. So Good.. So What!). Oktober 1986, posisi Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted, basis dari grup Floatsam And Jetsam.

Album …And Justice For All beredar September 1988. Disinilah Metallica mulai mengeluarkan video klip. Video pertama mereka adalah untuk lagu One, video ini mencapai nomor 1 di MTV. Keberhasilan ini kemudian mendorong produksi video klip Cliff ‘Em All sebuah video kenangan untuk Cliff Burton.

Akhir 1990 album Metallica direkam. Album ini membuat Metallica mencapai penjualan quadruple platinum dan menjadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa. Serta meraih penghargaan Grammy Award, kategori Penampil Metal Terbaik dua tahun berturut-turut. Metallica The Black Album

Basis jason Newsted mengundurkan diri dari band setelah bersitegang dengan James Hetfield. Perseteruan ini disebabkan Jason Newsted lebih menghabiskan waktu dengan proyek-nya sendiri. Anggota band yang lain menganggap Metallica harus diutamakan, meskipun pada saat itu Metallica sedang vakum, dia keluar setelah metallica meluncurkan The black album, Load,Garage inc, Reload

Saat Jason cabut, metallica memutuskan belum mau mencari pemain bass baru. Metallica mengatakan, Rob sangat bisa beradaptasi dengan kami. Seolah dia telah bersama kami selamanya. Kami sangat nyaman sekarang. Saat Rob mengunjungi kami di San Francisco dan jamming untuk pertama kalinya, kami merasakan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang sulit digambarkan. Pokoknya, kami bisa merasakannya!Robert Trujillo adalah bassis yang telah bermain dengan Suicidal Tendencies, Infectious Grooves, Cyco Miko, Black Label Society dan Ozzy Osbourne sebelum bergabung dengan Metallica pada 2003.

Pada 05 juli 2003 metallica mengeluarkan album baru yang berjudul st.anger, album reload dan st.anger adalah album pertama yg mendapatkan label parental advisory.

Pada tanggal 10 Agustus 2008 Metallica akhirnya telah menyelesaikan proses rekaman album “Death Magnetic” yang akan diluncurkan pada tanggal 12 September 2008 di seluruh dunia.

Sekarang Metallica dalam Formasi James Hetfield (vocal & Guitar) Krik Hammet (Lead Guitar) Robert Trujillo (Bass) Lars Ulrich (Drum)

Hetfield telah terlibat dalam banyak kecelakaan di atas panggung, yang paling terkenal adalah sebuah insiden dengan kembang api di Stadion Olimpiade Montreal. Sementara di GN’R-Metallica Stadium Tour pada tanggal 8 Agustus 1992, dia sengaja melangkah ke jalan salah satu api kimia yang telah dicurangi untuk menembak dari bibir panggung saat lagu “Fade to Black”. gitar Hetfield’s melindunginya dari kekuatan penuh ledakan, namun api melalap sisi kirinya, terbakar tangan, lengan, alis, wajah dan rambut. Dia menderita luka bakar kedua dan ketiga derajat, namun kembali di panggung 17 hari kemudian, meskipun tugas gitarnya yang didelegasikan kepada gitar mantan gitaris teknologi dan Metal Gereja John Marshall selama empat minggu sementara dia melakukan pemulihan penuh.

%d bloggers like this: